SAMBUT HARI RAYA NYEPI UMAT HINDU DI MOJOKERTO

Baca Juga

MENYUCIKAN DIRI DAN MENJAUHKAN SIFAT HURA – HURA


Umat Hindu Di Mojokerto Gelar Upacara Tawur Agung Di Stadion Gajah Mada Mojosari, Senin 27 Maret 2017



UNCLEOWOB.COM - Upacara Pecaruan Tilem Kesanga atau Tawur Agung Kesanga, ritual menjelang Hari Raya Nyepi berlangsung di Taman Stadion Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto, Jatim dengan diikuti ratusan umat Hindu yang tersebar di wilayah Mojokerto.



Tawur Agung Kesanga dilakukan dengan arak - arakan ogoh ogoh yang merupakan simbul buta kala dan sesajian serta ritual penyucian diri dan alam semesta, menjelang Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1939 yang jatuh pada hari Selasa besok ( 28 Maret 2017).











Dengan ritual Tawur Agung dan arak - arakan ogoh ogoh ini, semua sifat sifat jahat dan keserakahan bisa melebur dan menyucikan alam, dan sifat sifat jahat tersebut tidak kembali lagi pada tahun yang akan datang.










Dalam upacara Tawur Agung ini, ratusan umat Hindu di Mojokerto, berharap untuk kesejahteraan umat manusia dan alam semesta serta dengan keberagaman dan kebhinekaan ini, seluruh masyarakat Indonesia saling menghormati dan menjaga keutuhan bangsa.

Hari Raya Nyepi tahun baru saka 1939 atau 2017 mengambil tema ‘’Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa Dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI’’.






DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS