TKA ILEGAL BEREDAR DI MOJOKERTO, APA KATA GUS IPUL

Baca Juga

GUS IPUL : PENEMUAN TKA ILEGAL DI MOJOKERTO FENOMENA GUNUNG ES



Gus Ipul Wagub Jatim Ketika Dampingi Menpan, Tanam Pohon Di PT Arwana Citramulia Tbk Mojokerto

UNCLEOWOB.COM - Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur menilai penemuan 29 Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal asal China di sebuah perusahaan yang ada di Mojokerto merupakan fenomena gunung es yang harus segera ditangani secara serius.

"Masih banyak di bawah permukaan yang perlu kita pastikan secara terus menerus keberadaan TKA ilegal. Saya mengundang semua pihak untuk memberikan informasi lewat saluran yang ada baik pemda maupun yang lain agar bisa kita tindak lanjuti," kata Gus Ipul, menanggapi temuan Disnaker terkait keberadaan TKA Ilagal di Jawa Timur, Rabu (21/12/2016).

Seluruh serikat pekerja yang ada di Jawa Timur, diharapkan juga turut aktif menjadi mata dan telinga masyarakat sehingga keberadaan TKA ilegal bisa segera dibongkar dan ditertibkan.

TKA Ilegal Asal Tiongkok
Keberadaan TKA ilegal, kata Gus Ipul, dipastikan akan mengurangi kesempatan tenaga kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika TKA masuk dan bekerja pada tenaga kerja kasar yang harusnya bisa diisi oleh tenaga kerja lokal.

"Informasi yang kita dapat dari Kantor Kemenkumhan Jatim, memang terjadi peningkatan tajam pelanggaran keimigrasian. Dibanding tahun 2015 tercatat ada 16 pelanggaran, 14 orang diantaranya berasal dari negeri Tiongkok," kata Gus Ipul.

Namun pada tahun 2016 ini, jumlah TKA ilegal kemungkinan bisa mencapai ratusan orang. Bulan lalu saja, tercatat ada sekitar 200 orang yg menggunakan visa turis diketahui over stay dan sampai sampai sekarang tidak diketahui keberadaanya.

"Jumlah ini hanya yang terdeteksi melalui Bandara Juanda. Kita belum tahu jika mendaratnya di Manado, Bali, atau Jakarta yang masuk Jatim melalui tranpotasi lokal seperti kereta api dan bus," ujar Gus Ipul.

Menurut dia, Pemerintah Jawa Timur akan terus bekejasam dengan semua pihak untuk memastikan tidak ada lagi pekerja ilegal di Jawa Timur.

Pemerintah Jawa Timur juga berharap Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bisa memperketat perizinan TKA. "Jatim juga tidak akan sembarangan untuk memperpanjang izin TKA. Perlu diketahui untuk izin TKA yang mengeluarkan pusat sementara untuk memperpanjang menjadi kewenangan daerah," kata Gus Ipul.

Sekadar diketahui, dalam inspeksi mendadak yang digelar Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur pada Rabu (21/12/2016) di sebuah perusahaan yang ada di Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto ditemukan adanya 29 TKA asal China yang bekerja sebagai pekerja kasar diantaranya sebagai pemanas besi, mencatat besi bekas yang masuk, sopir alat berat, serta beberapa pekerjaan kasar yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh pekerja lokal.

Dalam sidak kali ini, Dinasker juga menemukan adanya mess atau tempat menginap para TKA yang lokasinya disembunyikan jauh dibelakang pabrik. Bahkan kondisi mess tidak layak, ruangan ukuran 2X2 yang dipenuhi dengan barang bahkan terdapat minuman keras 1 krat dan ditemukan rokok dari China yang tidak ber cukai.


"Dalam sidak kali ini juga diketahui dari 29 TKA, hanya 3 TKA yang berizin dan mayoritas dari mereka tidak bisa berbahasa Indonesia," kata Sukardo Kepala Disnakertransduk Jawa Timur. 
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS