INDONESIA FANTASTIS MELAJU KE FINAL PIALA AFF

Baca Juga



Skor Akhir 2-2 Piala AFF 2016   ” Indonesia Lolos ke Final ”


Selebrasi Boas Sollosa dengan Stafano Lylipali setelah mengalahkan Vietnam 2-1

UNCLEOWOB.COM Hasil pertandingan semifinal sepak bola piala AFF,  Vietnam vs Indonesia dalam lanjutan leg kedua malam ini Rabu, 7 Dsesember 2016 berakhir dengan skor imbang 2-2. Dengan skor tersebut maka timnas Indonesia berhak atas satu tiket lolos ke babak grand final berkat keunggulan agregat 4-3.







Jalannya laga leg kedua kali ini terbilang sangat dramatis. Timnas Indonesia unggul lebih dulu di babak kedua berkat gol Stafano Lilypali. Sebelum akhirnya tuan umah Vietnam berhasil menyamakan kedudukan bahkan membalikan keadaan menjadi 2-1.  Di babak ektra time, Manahati Lestusen jadi pahlawan Indonesia berkat gol pinaltinya yang sukses samakan kedudukan menjadi 2-2 sekaligus bawa timnas Merah Putih unggul agtegat gol 4-3.



Berikut laporan lengkap jalannya pertandingan.
Pemain Vietnam  Meleati Pasukan  Garuda Jaya




Mengawali babak pertama, tuan rumah Vietnam langsung tancap gas dengan menggempur pertahanan Indonesia. Di lima menit pertama nampak lini belakang Indonesia dibuat kocar-kacir meladeni permainan cepat para striker tuan rumah.







Beberapa peluang emas berhasil diciptakan para pemain tuan rumah. Beruntung penampilan apik Kurnia Meiga di bawah mistar mampu selamatkan gawang Indonesia dari kebobolan.







Lepas 20 menit laga berjalan, terlihat Indonesia belum bisa keluar dari tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan tuan rumah.  Pasukan Alfred Riedl hanya mampu sesekali membalas lewat serangan balik yang hasilnya masih nol besar. Kurangnya support dari lini kedua membuat Boaz di lini depan kesulitan mengembangkan permainan.







Laga berjalan setengah jam, penguasaan bola masih dipegang para pemain tuan rumah. Serangan bergelombang tuan rumah memaksa Indonesia menumpuk hampir semua pemainnya di area pertahanan sendiri. hanya menyisakan Boaz saja di lini serang.



Andik Firmansyah, Boaz Sollosa dan Stafano Lylipali merayakan Kemenangan
 



Di sisi lain, rentetan peluang yang didapatkan tuan rumah Vietnam belum mampu dimaksimalkan dengan baik. Alhasil, hingga wasit meniupkan tanda jeda skor imbang 0-0 masih bertahan.







Di babak kedua, kendali permainan nampak masih dikuasai para peman Vietnam. Tapi alaih-alih memecah kebuntuan, tuan rumah justru dikejutkan dengan gol dari Indonesia di menit ke 55′.







Berawal dari sebuah serangan balik. Boaz Salosa melepaskan umpan tarik yang gagal di amankan dengan sempurna oleh kiper tuan rumah. Bola liar yang menyentuh mistar gawang langsung disambar Stefano Lilypali untuk menjebol gawang Vietnam. Skor 0-1 untuk keunggulan Indonesia, agregat 1-3.







Tuan rumah Vietnam mampu membuka asa menyusul gol yang diciptakan Vu Van Thanh di menit ke 79′. Berawal dari sebuah set piece tendangan bebas, umpan pendek pada  Vu Van Thanh langsung disambar dengan sebuah sepakan keras yang menghujam gawang Kurnia Meiga. Skor kembali imbang 1-1.







Pertandingan makin menarik di lima menit akhir babak kedua. Tuan rumah Vietnam terus mengurung pertahanan Indonesia. Dan petaka pun datang bagi skuad Garuda di menit injuri time menyusul gol kedua tuan rumah dari kaki Yu Minh Tuan. Skor 2-1 berbalik untuk keunggulan Vietnam. Skor tersebut bertahan hingga bubaran, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak ektra time 2×45 menit.
Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Vietnam Semifinal Piala AFF 2016






Drama kembali berlanjut di babak tambahan waktu. Dan nasib baik, kembali berpihak pada Indonesia usai wasit menghadiahkan sebuah sepakan pinalti. Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor berhasil laksanakan tugasnya dengan baik. Gol !!! skor 2-2, agregat 4-3 untuk Indonesia.







Tak berselang lama, Indonesia sejatinya kembali dapatkan hadiah pinalti menyusul pelanggaran dari kiper tuan rumah. Namun sangat disayangkan keputusan wasit cukup kontroversial dengan membatalkan keputusannya.







Di 15 menit kedua babak tambahan waktu, tuan rumah Vietnam terus mengupayakan segala cara untuk mengejar ketertinggalan mereka. Namun nampaknya dewi fortuna belum berpihak pada mereka. Skor 2-2 tetap tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang.
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS